Rabu, 30 Maret 2016

Beberapa Istilah Dalam Trading Saham Indonesia

Lot adalah satuan standar dalam transaksi beli dan jual saham...
BEI sendiri telah menetapkan aturan sejak 6 Januari 2014 dimana sebelumnya 1 lot = 500 lembar saham, menjadi 1 Lot = 100 lembar saham.

Fraksi Harga adalah perubahan pergerakan kenaikan ataupun penurunan harga saham yang di transaksikan di BEI.
Untuk harga <Rp.500,- Fraksi Harganya Rp. 1,-
Untuk harga Rp. 500,- s/d < Rp. 5.000,- Fraksi Harganya Rp. 5,-
Untuk harga >Rp. 5.000,-,- Fraksi Harganya Rp. 25,-


Dividen adalah bagian keuntungan yang diberikan kepada pemegang saham dan telah disetujui oleh RUPS. Untuk dividen sendiri bisa berbentuk tunai ataupun saham lagi.

Cum-date adalah hari dimana masih mendapatkan hak dividen sampai ditutup pada akhir perdagangan di BEI jam 16.00.

Bid adalah penawaran/minat beli, antrian beli saat bursa berjalan.
Offer adalah penawaran jual, antrian jual saat bursa berjalan.
perhatikan gambar di bawah ini :
untuk yang dilingkari merah itu adalah harga bid, artinya saat harga TAXI pada saat itu 216, ada antrian bid atau penawaran di harga 211-215 dengan volume masing-masing berbeda di setiap harganya.
sedangkan yang dilingkari biru adalah harga offer, artinya saat harga TAXI pada saat itu 216, ada antrian offer atau penawaran jual untuk yang sedang memegang saham TAXI tersebut di harga 216-220 dengan volume masing-masing berbeda di setiap level harganya.

Haka adalah Hajar Kanan, artinya untuk calon pembeli suatu saham yang sedang rally akan langsung membeli harga di offer dengan maksud menghindari antrian dan agar bisa dapat langsung mendapatkan barangnya tersebut. Sebagai contoh di atas, saat harga TAXI 216, karena saya ingin sekali mendapatkan saham TAXI tersebut, maka saya akan membeli harga di offer, yaitu dengan langsung membeli harga minimal 217, maka saat itu juga saya akan mendapatkan saham TAXI di 217.
Haki adalah Hajar Kiri, artinya untuk penjual yang akan menjual barangnya di harga bid atau harga di bawah harga pasar saat itu dan biasanya dilakukan oleh penjual saat harga saham tersebut turun. Misalkan dengan ilustrasi harga TAXI diatas, saat harga 216, sebagai penjual yang haki akan menjual saham tsb di harga bid atau 215 dengan maksud agar barangnya cepat terjual.....

Bullish berasal dari kata bull / banteng adalah kondisi pasar / market yang saat itu sedang mengalami kenaikan harga secara umum.
Bearish berasal dari kata bear / beruang adalah kondisi pasar / market yang saat itu sedang mengalami penurunan secara umum.

Cut Loss adalah upaya menjual saham saat dalam posisi rugi untuk menghindari kerugian yang lebih besar / banyak.

Capital Gain adalah selisih antara harga beli dan harga jual. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Misalnya Investor membeli saham ABC dengan harga per saham Rp 4.000 kemudian menjualnya dengan harga Rp 4.800 per saham yang berarti pemodal tersebut mendapatkan capital gain sebesar Rp 800 untuk setiap saham yang dijualnya.
Capital Loss adalah kebalikan dari Capital Gain, yaitu suatu kondisi dimana investor menjual saham lebih rendah dari harga beli. Misalnya saham PT. XYZ yang di beli dengan harga Rp 4.000,- per saham, kemudian harga saham tersebut terus mengalami penurunan hingga mencapai Rp 3.400,- per saham. Karena takut harga saham tersebut akan terus turun, investor menjual pada harga Rp 3.400,- tersebut sehingga mengalami kerugian sebesar Rp 600,- per saham.

3 komentar:

  1. Selamat Siang,
    saya sudah membaca blog anda, sangat mudah di pahami dan saya sangat tertarik untuk bekerja sama dengan anda, kami dari Forexmart menawarkan kerja sama affiliasi yang sangat menguntungkan untuk anda, jika anda berminat dan tertarik dengan penawaran ini bisa menghubungi email saya di hellokittykucing89@gmail.com dan saya akan memberikan informasi yang lebih lengkap mengenai penawaran kerjasama ini.
    Terima Kasih dan salam sukses untuk anda

    BalasHapus
  2. Bagus Kak,
    mau sedikit ikut nambahin bahan, kalau menurut Saham Online ,

    "...Pengertian Saham adalah bentuk kepemilikan suatu perusahaan, biasanya dalam bentuk dokumen. Pemilik saham berhak untuk mendapat sebagian dari keuntungan perusahaan (disebut “deviden”)..."

    Info lengkapnya di
    PENGERTIAN SAHAM MENURUT BEBERAPA AHLI

    Keep sharing, Kak

    BalasHapus