Selasa, 05 April 2016

Istilah Dalam Trading Saham - 2

Anggota Bursa :
Perusahaan-perusahaan sekuritas yang telah memperoleh ijin Bapepam dan berhak menggunakan sistem yang ada di bursa.

Akuisisi :
Pengambilalihan perusahaan oleh perusahaan lain melalui pembelian saham perusahaan tersebut.

Balance Sheet :
Laporan keuangan perusahaan yang menunjukan keadaan aset, hutang dan modal per tanggal tertentu.

Blue Chip :
Saham-saham unggulan, saham-saham dari perusahaan yang mempunyai reputasi baik dan mudah diperjual-belikan di bursa saham karena banyak peminatnya.

Book Value :
Nilai Perusahaan dihitung dari total aset dikurangi harta tidak terwujud, dikurangi utang dan nilai nominal dari saham preferen.

Buyback :
Pembelian kembali saham atau obligasi yang beredar oleh emiten dengan beragam alasan dan tujuan.

Corporate Action :
Suatu tindakan / keputusan perusahaan publik yang akan berpengaruh terhadap kepentingan pemegang saham, seperti pembagian dividen, pemberian saham bonus, stock split, penawaran umum terbatas, dll.

Deslisting / penghapusan pencatatan :
Pengahpusam efek dari daftar efek yang tercatat di bursa sehingga efek tersebut tidak dapat diperdagangkan di bursa. saham-saham yang telah di delist tetap dapat diperdagangkan di luar bursa dan status emiten tersebut tetap sebagai perusahaan publik.

Go Public :
kegiatan suatu perusahaan ketika pertama kali menawarkan saham kepada masyarakat pemodal. Disebut pula IPO ( Initial Public Offering )

IHSG / Indeks Harga Saham Gabungan :
Indikator gabungan dari pergerakan harga seluruh saham yang tercatat di Vursa Efek Indonesia, baik saham biasa maupun saham preferen. Hari dasar dimulainya perhitungan IHSG adalah tanggal 10 Agustus 1982 dengan nilai 100.

JATS :
singkatan dari Jakarta Automated Trading System merupakan sistem perdagangan Efek yang berlaku di Bursa Efek Indonesia untuk perdagangan yang dilakukan secara otomatis dengan menggunakan sarana komputer dan jaringan internet.

LQ-45 :
Indeks di Bursa Efek Indonesia yang terbentuk dari 45 saham dengan likuiditas dan kapitalisasi pasar tertinggi dan diseleksi melalui beberapa kriteria pemilihan. LQ-45 di evaluasi setiap 6 bulan sekali.

ROI / Return Of Investment :
Nilai imbal hasil dari suatu investasi dalam periode tertentu.

Saham Gorengan :
Saham yang nilainya kecil dan biasanya diperdagangkan bukan berdasarkan fundamentalnya, tetapi berdasarkan rumor atau isu.

Stock Split :
Pemecahan setiap satuan unit saham menjadi lebih dari satu sehingga akan menambah jumlah saham yang beredar.

Suspensi / Suspend :
Penghentian sementara perdagangan suatu saham di Bursa Efek Indonesia. Penghentian ini dapat disebabkan karena permintaan Emiten sendiri atau merupakan keputusan Bursa Efek Indonesia dalam rangka memberikan perlindungan kepada investor atau dapat pula karena pengenaan sanksi oleh Bursa Efek kepada suatu Emiten.

UMA / Unusual Market Activity :
aktifitas perdagangan dan/atau pergerakan harga suatu Efek yang tidak biasa pada suatu kurun waktu tertentu di Bursa yang menurut penilaian Bursa dapat berpotensi mengganggu terselenggaranya perdagangan efek yang teratur, wajar dan efisien.

Window Dressing :
Upaya manajer investasi mempercantik kinerja dengan mengangkat harga saham-saham yang ada di portfolionya. Aksi ini dilakukan di akhir kuartal. akhir semester atau akhir tahun.

1 komentar: