Selasa, 05 April 2016

Analisa Teknikal Saham 1

Dalam Analisa Teknikal Saham, tidak bisa terlepas dari chart yang tertuang dalam grafik.
Ada beberapa jenis grafik, namun saya akan fokus menggunakan grafik candlestick sebagai grafik yang paling baik karena menyediakan informasi yang lebih banyak dibanding line chart serta lebih mudah untuk diamati secara visual. Untuk grafik chart, saya lebih suka pakai chart nexus, selain gratis, chart ini cukup lengkap koq untuk seorang trader. Yang tertarik chart nexus bisa download langsung di webnya : http://www.chartnexus.com/
Sebelum masuk ke pembahasan soal analisa teknikal, hal mendasar yang tadi sempat disinggung adalah soal CANDLESTICK , berikut ilustrasinya :


dari gambar di atas...saya akan aplikasikan langsung dalam chart MEDC untuk memudahkan pemahaman soal candlestick ini.......


perhatikan tanda gambar dengan PANAH HIJAU ke atas/naik....berikut gambaran ilustrasinya :
Saham MEDC pada tanggal 31 Maret 2016 dibuka dengan harga 1350 kemudian 1 hari itu berfluktuasi sampai menyentuh titik terendah (low) di 1335 dan menyentuj titik tertinggi (high) di 1575 dan pada akhir perdagangan ditutup dengan posisi harga terakhir/closing di 1495.....dan ini juga berarti saham MEDC pada tanggal 31 Maret 2016 adalah Naik dan terlihat dari tubuh candel (real body) berwarna "PUTIH"...Open: 1350 Close: 1495 artinya kalau anda beli harga di open 1350 dan lihat di fortofolio anda maka saham MEDC anda sudah naik 145 point (10,74%)

Dan untuk sebaliknya bisa lihat ilustrasi gambar dibawah ini :

perhatikan tanda gambar dengan PANAH MERAH ke bawah/turun....berikut gambaran ilustrasinya :
Saham MEDC pada tanggal 01 April 2016 dibuka dengan harga 1495 kemudian 1 hari itu berfluktuasi sampai menyentuh titik terendah (low) di 1400 dan menyentuh titik tertinggi (high) di 1530 dan pada akhir perdagangan ditutup dengan posisi harga terakhir/closing di 1435.....dan ini juga berarti saham MEDC pada tanggal 01 April 2016 adalah Turun dan terlihat dari tubuh candel (real body) berwarna "HITAM"...Open: 1495 Close: 1435 artinya kalau anda beli harga di open 1495 dan lihat di fortofolio anda maka saham MEDC anda turun 60 point (-4,01%)

Selanjutnya saya akan membahas tentang SUPPORT dan RESISTEN .....
saya kutip dari buku "Smart Traders not Gamblers" nya Ellen May, berikut sedikit penjelasn tentang Support & Resisten :
Support adalah area harga tententu yang menahan pergerakan harga market, sehingga harga sulit bergerak lebih rendah, seakan-akan menjadi batas bawah harga. Ketika harga menyentuh level support, trader cenderung melakukan aksi beli. Suatu pergerakan harga dikatakan break down jika mampu bergerak ke bawah menembus support.
Resisten adalah area harga tertentu yang menahan pergerakan harga market, sehingga harga sulit untuk bergerak lebih tinggi, seakan-akan menjadi batas atas harga. Ketika harga menyentuj level resisten, trader cenderung menjual, melakukan profit taking dan melakukan short selling, Suatu pergerakan harga dikatakan break out bila mampu bergerak ke atas menembus resisten.
Ketika market berhasil break down atau menembus support, otomatis support tersebut akan menjadi resisten baru. 
Demikian pula ketika market berhasil break out atau menjebol resisten, maka otomatis resisten yang berhasil dijebol tersebut akan menjadi support baru.



Untuk selanjutnya, bisa pelajari analisa teknikal saham 2 ........







1 komentar:

  1. 𝗩𝗣𝗦

    Perusahaan Fort Financial Services menyediakan penggunaan virtual private server (VPS, Virtual Private Server) pada pelanggannya yang menggunakan sistem perdagangan mekanis (Advisors) untuk berdagang.

    Layanan ini memungkinkan robot perdagangan bekerja lebih efisien karena koneksi internet broadband berkualitas tinggi, dan memungkinkan pedagang membuat penyesuaian tepat waktu pada kerja advisornya sesuai dengan kondisi pasar yang volatil.

    Layanan ini memberi pelanggan kami sejumlah keuntungan:

    Pengoperasian advisor yang tidak terganggu
    Pengoperasian advisor yang stabil
    Perdagangan 24 Jam dengan advisor
    Akses cepat ke akun perdagangan
    Kesempatan berdagang simultan dengan dua terminal
    Aktifkan VPS Anda sekarang dengan memilih tab Personal Account di server khusus virtual. Harap diperhatikan bahwa kami menyediakan VPS gratis

    BalasHapus